Thursday, Oct 23rd

Last update08:14:58 AM GMT

You are here: PENDIDIKAN 5.952 Guru Non PNS Terima Tunjangan Fungsional

5.952 Guru Non PNS Terima Tunjangan Fungsional

PEKANBARU-Tunjangan fungsional tahap II, April-Juni 2012 akhirnya  disalurkan. Sebanyak 5.952 guru non Pegawai Negeri Sipil tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama menerima tunjangan fungsional. Tunjang fungsional diterima masing-masing guru sebesar Rp300 ribu per bulannya. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Pendidikan Luar Sekolah dan SLB Disdik Riau, Sri Petri Haryanti, Selasa (14/8). Kuota ini diberikan, katanya, berdasarkan jumlah guru di daerah.
"Dalam prosesnya bisa saja ada guru yang layak diverifikasi tak mencapai kuota, namun sisanya dibagikan ke daerah yang jumlah gurunya terbanyak," sebutnya.
 Dia menjelaskan, untuk tahun ini kuota secara nasional memang berkurang. Bahkan untuk Riau sendiri, kata Petri, kuota tahun ini berkurang dari sekitar 7.000 menjadi 5.952 orang. Pengurangan tersebut terjadi setelah ada pemetaan guru, dimana dalam pemetaan tersebut, pemerintah pusat menemukan adanya guru komite yang mendapat tunjangan fungsional. Padahal pusat menyatakan bahwa guru komite tidak termasuk kategori.
Namun, setelah pemerintah provinsi mengajukan nama calon penerima dengan tetap memasukkan guru komite, akhirnya dalam petunjuk teknis (Juknis) tidak disebutkan larangan itu.
 "Kita tetap mengajukannya. Syaratnya adalah guru non PNS yang telah bertugas sejak Januari 2006," paparnya.
Dia menambahkan, penetapan jumlah kuota di provinsi ditetapkan dari pusat. Lalu, dari Pemerintah Provinsi Riau, disosialisasikan lagi ke kabupaten/kota sembari menawarkan jumlah kuota yang sanggup dipenuhi daerah masing-masing. Artinya kuota saat ini berdasarkan kesanggupan dan verifikasi masing-masing kabupaten kota.
"Yang menetapkan kuota itu adalah masing-masing daerah. Jadi jangan sampai salah persepsi bahwa kuota ditetapkan oleh provinsi," tegasnya.
Dari data yang diperoleh Haluan Riau dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, kuota penerima tunjangan fungsional terbanyak berasal dari Kabupaten Kampar. Tercatat ada 989 guru yang menerima tunjangan fungsional tersebut. Kemudian disusul penerima terbanyak kedua yaitu Kota Pekanbaru dengan jumlah 974 orang.
 Diikuti Indragiri Hilir dengan 616 orang penerima. Sementara tiga daerah dengan kuota paling sedikit adalah Kabupaten Rokan Hulu yang hanya 216 penerima. Selanjutnya Kabupaten Siak sebanyak 339 penerima dan terakhir adalah Kuansing sebanyak 346 orang. Dimana total keseluruhan penerima dari 12 kabupaten/kota di Riau adalah 5.952 orang.(GANGSAR SUPRIADI)

5.952 Guru  Non PNS Terima Tunjangan Fungsional

Add comment


Security code
Refresh