Thursday, Oct 23rd

Last update06:15:27 AM GMT

You are here: NEWS UTAMA Jokowi-JK Resmi Daftar ke KPU

Jokowi-JK Resmi Daftar ke KPU

Jokowi-JK Resmi Daftar ke KPU
Jokowi-JK Resmi Daftar ke KPU
JAKARTA (HR)-Pasangan ba­kal ca­lon presiden dan ca­lon wakil presiden Joko Wi­dodo dan Jusuf Kalla, secara res­­mi mendaftar ke Kantor Ko­misi Pe­milihan Umum, Senin (19/5) siang ke­marin. Sebe­lumnya, Jokowi dan Kal­la menggelar deklarasi di Ge­dung Joang 45, Menteng, Ja­karta Pusat.

Pasangan ini maju deng­an duku­ng­an empat partai po­litik, yakni PDI Perjua­ng­an, Par­tai Nasden, Partai Ke­­bang­kitan Bangsa dan Hanu­ra.

Seluruh berkas penca­lo­nan itu akan diproses KPU untuk diverifikasi

keleng­ka­pan dan kesesuaiannya.

"Kami akan periksa berkas persyaratan pencalonan dan syarat calon selama empat hari. Pada hari kelima kami akan beritahu hasilnya," terang Komisioner KPU, Arief Budiman, usai menerima pendaftaran pasangan Jokowi-JK.

Menurut Arief, ada 26 dokumen pencalonan, di dalamnya adalah dokumen persyaratan pencalonan dukungan parpol pengusung dan berkas persyaratan individu tiap calon.

"Persyaratan pencalonan itu dukungan partai politik dan syarat calon itu persyaratan masing-masing calon (seperti syarat pendidikan, usia dan lainnya)," ujarnya.

"Kalau perlu perbaikan maka ada tiga hari masa perbaikan atau melengkapi kalau ada (dokumen) yang kurang," tambahnya.

Naik Sepeda

Prosesi pendaftaran Jokowi dan JK ke kantor KPU, juga terasa merakyat. Keduanya berangkat dengan menggunakan sepeda ontel dari kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng yang berjarak kurang lebih 1 km dari Kantor KPU.

Sekitar pukul 13.30 WIB, rombongan sepeda ontel yang dipimpin Jokowi di bagian terdepan mulai bergerak. Di belakang Jokowi ada JK, Patrice Rio Capella dan Puan Maharani yang dibonceng pengawalnya.

Megawati dan Surya Paloh sempat diduga akan ikut ngonthl karena sudah memegang sepeda. Namun ternyata keduanya hanya melepas rombongan Jokowi saja.

Rombongan Jokowi diiringi ratusan pendukungnya sehingga membuat lalu lintas di rute Taman Suropati, Jalan Diponegoro lalu menuju Jalan Imam Bonjol macet. Bahkan karena banyaknya para simpatisan, Jokowi dan JK tidak bisa menggowes dengan leluasa.

Jokowi sesekali harus melajukan sepedanya dengan langkah kaki. JK yang berada di belakang juga senasib, bahkan sesekali beberapa pengawal harus memegang sepedanya agar tidak terdorong jatuh oleh simpatisan. Namun walaupun heboh, keduanya terus melempar senyumnya ke orang-orang.

"Jokowi presiden! Jokowi presiden!" pekik pendukung Jokowi-JK.

Deklarasi

Sebelum pendaftaran, Jokowi dan Jusuf Kalla mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Gedung Joang '45, Menteng, Jakarta Pusat. Jokowi mengaku, dia sendiri yang menentukan lokasi deklarasi tersebut.

Menurutnya, Gedung Joang '45 diharapkannya sebagai awal perjuangan untuk membangun bangsa. Terutama untuk pemerataan pembangunan.

"Ke depan ini, kita masih memerlukan sebuah kerja keras, sebuah perjuangan keras, dalam rangka memajukan bangsa dan negara, memperbaiki bangsa dan negara. Semangatnya dari situ. Karena sekarang ini memang kita punya pertumbuhan, tapi pemerataannya belum. Sehingga itu yang harus diperjuangkan," terangnya.

Jokowi juga mengaku, dia diberikan kewenangan penuh untuk memilih lokasi pendeklarasian dan juga sosok Jusuf Kalla untuk menjadi cawapresnya.

"Saya yang pilih (tempatnya) dan yang umumkan kan juga saya. Saya kan diberi mandat penuh untuk memilih cawapresnya dan tempat mengumumkannya," kata Jokowi.

Indonesia Hebat

Sementara itu, Ketua Bapilu PDIP Puan Maharani menegaskan, pasangan Jokowi-Kalla merupakan pasangan yang amanah, bersih dan berkomitmen pada rakyat.

"Semoga calon presiden dan calon wakil presiden kami adalah calon presiden yang amanah, bersih, dan mempunyai komitmen kepada rakyat untuk kawal sistem presidensial lebih baik dan bawa bangsa ini ke arah yang lebih baik menuju Indonesia hebat," kata Puan.

Ia juga mengungkapkan rasa syukur dari PDIP karena sudah mendapatkan dukungan dari Nasdem, PKB, dan Hanura. "Syukur Alhamdulillah, Nasdem, PKB dan Hanura sudah resmi telah daftarkan capres dan cawapres kami Bapak Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla," ucap putri Megawati Soekarnoputri ini.

Periksa Kesehatan

Sementara itu, setelah pendaftaran, pasangan Jokowi-JK akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Kamis (22/5) mendatang.

"Pemeriksaan kesehatan hari Kamis," ujar Jokowi.

Menurut Arief Budiman, idealnya tiap pasangan capres dan cawapres jalani tes kesehatan sehari setelah pendaftaran, namun KPU memberi keleluasaan hingga Jumat (23/5).

 

"Tadi kita kasih pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, hasil dari tes di rumah sakit akan menjadi bagian pemeriksaan kami," ujar Arief Budiman.

 

Arief mengatakan, pemeriksaan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Tiap pasangan calon akan menjalani tes selama sekitar 7 jam melalui serangkaian tes oleh tim dokter.

 

"Maksimal tanggal 23 pemeriksaan kesehatannya," ujarnya lagi. (bbs/dtc/kom/sis)

 

Jokowi-JK Resmi Daftar ke KPU

Add comment


Security code
Refresh