Saturday, Nov 29th

Last update08:40:16 PM GMT

You are here: HUKRIM Saksi tak Lihat Tiga Syarat PHO

Saksi tak Lihat Tiga Syarat PHO

PEKANBARU-Staff Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Pekanbaru Eka Putra menjadi saksi dalampersidangan tindakpidana korupsi proyek penimbunan tanah pembuatan tanggul kolam lindi di areal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar sebesar Rp454 juta dengan terdakwa mantan Kadis DKP Pekanbaru Mahyulis Yahya, Jumat (27/7). Di hadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor yang diketuai Isnurul SH, saksi menjelaskan, tolak ukur tim Provisional Hand Over (PHO) harus ada 3 syarat yakni, bobot pekerjaan seratus persen, foto dokumentasi dan gambar proyek setelah pekerjaan.
Ketika ditanyakan Ketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Isnurul SH, apakah saksi pernah melihat syarat PHO tersebut, saksi menyatakan belum pernah melihatnya. "Saya belum pernah melihatnya pak," ujarnya.

Dikatakan, dirinya hanya memegang kontrak. Ketika turun ke TPA Muara Fajar, saksi Eka Putra yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas PU Pekanbaru melakukan pengukuran terhadap ketebalan tanah timbun dengan menggunakan meteran dan kayu yang ditancapkan ke dalam tanah.
Dari hasil ukur yang dilakukan tim PHO pada 2 titik, ternyata ketebalan tanah timbun di TPA Muara Fajar yakni, 4 meter hingga 4,5 meter. Usai mendengarkan keterangan dari saksi Eka Putra, majelis hakim menunda sidang pada Senin (30/7) ini.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya. terdakwa Mahyulis Yahya secara bersama-sama dengan terdakwa lainnya yakni, mantan Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) H Abdul Kahar, pengawas CV Defitra Konsultan Rudi Hermanto, rekanan dari CV Bina Mitra Zainul Arifin dan kuasa rekanan Edi Yanto didakwa JPU Bambang Adi Putra SH dan T Harly Mulyatie SH  telah mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp138 juta dari pelaksanaan proyek penimbunan tanah pembuatan tanggul kolam lindi pada areal TPA Muara Fajar.

Akibat perbuatannya kelima terdakwa didakwa melanggar pasal 2 dan pasal 3 Undang-Undang (UU) RI nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang tindakpidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana. (war)


Saksi tak Lihat Tiga Syarat PHO

Add comment


Security code
Refresh