Friday, Oct 31st

Last update09:23:15 AM GMT

You are here: DAERAH MERANTI BPBD Damkar Datangkan Alat Berat

BPBD Damkar Datangkan Alat Berat

BENGKALIS (HR)- Salah satu kendala pemadaman Karhutla di lapangan tak adanya sumber air di lokasi. Tim atau regu pemadam seringkali balik kanan saat tak menemukan air. Satu sisi, Karhutla terjadi semakin meluas, apapun caranya upaya pemadaman tetap dilakukan. “Hari ini kita datangkan alat berat dari Bengkalis ke Ulu Pulau dan Simpang Sirap. Alat berat ini gunanya menggali kantong air di lokasi kebakaran, sehingga regu pemadam dan masyarakat bisa menggunakannya,” kata Kabid Damkar Suiswantoro, Kamis (27/3).
Regu pemadam setakat ini fokus beberapa titik kebakaran di Kecamatan Bantan, terutama di Ulu Pulau dan Simpang Sirap, lahan masyarakat yang terbakar sangat luas, dan api saat ini menuju Desa Penebal. Pengerahan alat berat tersebut kata Suis, mengantisipasi kebakaran dan musim kering yang akan terjadi. Sebab, sesuai ramalam BMKG kondisi kemarau mungkin sampai Juli mendatang.  “Kita manfaatkan anggaran tanggap darurat di BPBD-Damakar guna mengerahkan alat berat ini. Kantong air yang baka dibuat tak hanya di Ulu Pulau dan Simpang Sirap, dimungkinkan juga beberapa lokasi kebakaran lainnya yang tak ada sumber air,” terangnya.
Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di sejumlah tempat. Seperti di Sei Selari Bukit Batu, perbatasan Bengkalis dan Dumai, di Rupat, juga di Mandau dan Pinggir. “Sampai sekarang upaya pemadaman terus dilakukan, baik oleh BPBD Damkar, MPA, masyarakat, termasuk anggota TNI dari Jakarta kebakaran perbatasan Bengkalis Dumai,” imbuhnya.
Suis kembali mengajak, masyarakat menjaga agar tak terjadi kebakaran atau titik api baru. Juga mengimbau, bersama melakukan pemadaman. “Tenggat waktu atau deadline yang diberikan Presiden tinggal beberapa hari, sementara sampai sekarang kebakaran terus terjadi di sejumlah daerah,” ujarnya. (man)

BPBD Damkar Datangkan Alat Berat

Add comment


Security code
Refresh