Saturday, Nov 01st

Last update06:03:33 AM GMT

You are here: DAERAH DUMAI SBY: Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia

SBY: Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa per­eko­nomian Indonesia masuk 10 besar di dunia.

"Tadi pagi, saya dapat berita dari Menteri Ke­uang­an bahwa World Bank sudah me­netapkan peringkat eko­nomi sedunia berdasarkan GDP (Produk Domestik Bruto) dan purchasing power imparity (tingkat daya beli), Indonesia ditetapkan se­ba­gai ekonomi nomor 10 di du­nia," ujar Presiden di Ja­karta Convention Center (JCC), Sabtu (3/5).

Presiden memaparkan sem­bilan negara yang ber­ada di peringkat teratas ya­kni Amerika Serikat. Se­lan­jut­nya, diikuti oleh ne­gara Re­publik Rakyat Tiong­kok, India, Jepang, Jerman, Rusia, Brasil, Prancis, dan Inggris.

Pada tahun 2013 lalu, po­sisi Indonesia berada di pe­ringkat ke-16. "Tentu ini awal yang baik. Masih pan­jang perjalanan kita dan masih banyak per­ma­sa­lahan yang harus kita atasi," ujar Presiden.

Dia menyebutkan bahwa kekurangan yang terjadi di banyak sektor perlu untuk diatasi. "Insyallah Indonesia bisa, seperti yang saya sam­paikan tadi," kata Presiden.

Menteri Telekomunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dalam sambutan sebelumnya juga mengklaim se­jumlah keberhasilan pe­merintah di bidang teknologi dan informasi.

Dia memaparkan di an­taranya adanya program desa berderang, penetrasi internet ke desa melalui program PLIK/MPLIK, bisnis IT mencapai Rp 400 triliun, efek­tivitas pemblokiran kon­ten negatif di internet yang mencapai 1 juta situs, jum­lah ponsel yang beredar men­capai 250 juta.

"Kemajuan di bidang IT adalah salah satu dalam prog­ram MP3EI dalam bi­dang connectivity," ucap Ti­fatul. (kc/hen)

SBY: Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia

Add comment


Security code
Refresh